Tak hanya anak kuliahan yang diajarkan cara membuat game. Kini, tingkatan pendidikan yang jauh dibawahnya -- sekolah dasar (SD) -- pun sudah coba diajarkan programming membuat game.

Metode pembelajaran unik ini diterapkan di sekolah dasar Chitralada Thailand bagi murid kelas 4 sekolah ini. Pongpanote Phongpanngam, guru sekolah tersebut yang juga pengembang metode ini mengatakan, tujuannya diterapkannya metode ini tak lain adalah untuk menarik minat belajar dan merangsang kreativitas anak.

"Proses pembelajaran yang disajikan disini lebih dari sekedar bermain game, tapi juga menjadi instruktur," ujarnya kepada detikINET di sela acara The Microsoft Partners in Learning (PIL) Regional Innovative Teachers Conference 2008 di Sheraton Hanoi Hotel, Vietnam yang berlangsung 8-11 April 2008.

Dijelaskan Pongpanote, pertama-tama anak didiknya diminta untuk membuat di konsep di story board. Anak-anak tersebut dibiarkan berimajinasi menentukan sendiri isi cerita game buatannya ini dengan menentukan tokoh, lokasi, waktu dan jalan cerita. Selanjutnya, ide si anak coba direalisasikan dengan software RPG Maker XP.

Kemudian ditambahkan musik, efek, dan membuat tantangan berupa pertanyaan untuk memperkuat jalan cerita. Pertanyaan-pertanyaan yang disiapkan seputar pelajaran si anak misalkan terkait matematika, science, sosial dan pengetahuan umum.

"Jadi walaupun pertanyaan ini ditentukan sendiri oleh si anak. Namun, pengguna game ini tidak akan dapat menyelesaikan seluruh permainan sebelum menjawab pertanyaan yang mereka buat sendiri," lanjut Pongpanote.

Tidak hanya menyenangkan, metode ini diklaim juga dapat meningkatkan kreativitas dan menambah pengetahuan bagi si anak didik. "Tapi kita hanya memberikan comand-comand programming yang sederhana saja," tandasnya

Source : Detikinet

Kapan ya anak SD di Indonesia sudah bisa bikin game..? maen game umpet-umpetan sih bisa..hehe

 
This Post has 1 Comment Add your own!
Anonim - 10 April 2008 pukul 17.06

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar