Bila anda memandang diri anda kecil, dunia akan tampak sempit, dan tindakan anda pun jadi kerdil. Namun bila anda memandang diri anda besar, dunia terlihat luas, anda pun melakukan hal-hal penting yang sangat berharga.

Tindakan anda adalah cermin bagaimana anda melihat dunia. Sementara dunia adan tak lebih luas dari pikiran anda tentang diri anda sendiri. Itulah mengapa kita diajarkan untuk berprasangka positif pada diri sendiri, agar kita bisa melihat dunia lebih indah, dan bertindak selaras dengan kebaikan-kebaikan yang ada dalam diri kita. Padahal dunia tak butuh penilaian apa-apa dari kita. Ia hanya memantulkan apa yang ingin kita lihat. Ia mengemukakan apa yang ingin kita dengar. Bila kita takut menghadapi dunia, sebenarnya kita takut menghadapi diri kita sendiri.

Maka bukan soal apakah kita berprasangka positif atau negatif terhadap diri sendiri. Melampaui di atas itu, kita perlu jujur melihat diri sendiri apa adanya. Dan, dunia pun menampakkan relitanya yang selama ini tersembunyi di balik penilaian-penilaian kita.

 
This Post has 2 Comments Add your own!
PRP Bengkulu - 30 April 2008 pukul 11.58

Artikel pendek namun berkesan dan membangun,aku suka.. sehingga artikel ini aku pasang di situs prp..mohon pamit kang yaa

Sisam Intermedia - 30 April 2008 pukul 12.22

Mangga kang.. copy wae gpp.. heheh semoga bermanfaat...

Posting Komentar